1. Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS
1.1
Pengertian ISD
Ilmu social dasar adalah pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah sosial. khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia
dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmuilmu social
seperti: sejarah, ekonomi, geografi, social, sosial, antropologi, psikologi
sosial
1.2 Tujuan
Ilmu Sosial Dasar
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar Mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
A. memahami
dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang
ada dalam masyarakat.
B. Peka
terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya.
C. Menyadari
bahwa setiap masalah sosial yang mampu timbul dalam masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara
kritis-interdisipliner
D. Memahami
jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat
berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat.
1.3 Kelompok
Ilmu Pengetahuan
A. Natural
Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan
lain-lain.
B. Social
Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), meliputi: Sosiologi, Ekonomi, Politik,
Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
C.
Humanities (Ilmu-ilmu Budaya), meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian
dan lain-lain.
2. ISD dan IPS
2.1 Menjelaskan Perbedaan ISD dan IPS
1. Ilmu
sosial dasar diberikan di Perguruan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan
di Sekolah Dasar dan Sekolah lanjutan.
2. Ilmu
Sosial Dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial
dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
3. Ilmu
Sosial Dasar diaarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu
pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan
intelektual.
2.2
Menjelaskan persamaan ISD dan IPS
1.
Dua-duanya merupakan bahan studi untuk pendidikan
2.
Dua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3.
Dua-duanya punya materi yang berasal dari masalah dan kenyataan sosial
3. Ruang Lingkup ISD
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu:
1.
Kenyataan-kenyataan sosisal yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama
merupakan masalah sosial tertentu.
2. Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tenang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3.
Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya berbeda.
Sumber :
http://anisatriananda.blogspot.com/2013/11/tugas-ibd_4.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/12/pengertian-tujuan-isd-dan-ips/
http://kikipujianti05.blogspot.com/2013/10/bab-i-sd-sebagai-salah-satu-mkdu.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar