Selasa, 13 Januari 2015

SD sebagai salah satu MKDU

1. Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS
1.1 Pengertian ISD
Ilmu social dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial. khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmuilmu social seperti: sejarah, ekonomi, geografi, social, sosial, antropologi, psikologi sosial
1.2 Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar Mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
A. memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
B. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
C. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang mampu timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner
D. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
1.3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
A. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
B. Social Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), meliputi: Sosiologi, Ekonomi, Politik, Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
C. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya), meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.

2. ISD dan IPS

2.1 Menjelaskan Perbedaan ISD dan IPS
1. Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah lanjutan.
2. Ilmu Sosial Dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
3. Ilmu Sosial Dasar diaarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
2.2 Menjelaskan persamaan ISD dan IPS
1. Dua-duanya merupakan bahan studi untuk pendidikan
2. Dua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3. Dua-duanya punya materi yang berasal dari masalah dan kenyataan sosial
3. Ruang Lingkup ISD

Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu:
1. Kenyataan-kenyataan sosisal yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tenang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3. Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya berbeda.
Sumber : 
http://anisatriananda.blogspot.com/2013/11/tugas-ibd_4.html 
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/12/pengertian-tujuan-isd-dan-ips/
http://kikipujianti05.blogspot.com/2013/10/bab-i-sd-sebagai-salah-satu-mkdu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar